Monday 23 July 2012

Pengamal Solawat Wahidiyah

Bagi Para Pengamal Sholawat Wahidiyah diAnjurkan untuk menebus selama 40 hari ,ada apa dibalik 40 hari itu ;dijelaskan dengan kisah seperti berikut :


  1. dikisahakan nabi Nabi Muhammad saw. sebelum menerima wahyu pertama terlebih dahulu beliau menempa dirinya dengan uzlah di Gua Hira selama 40 hari
  2. Siapa yang melakukan shalat berjamaah selama 40 hari berturut turut dan tidak pernah ketinggalan takbiratul ihram nya imam, niscaya Allah akan menjamin kepadanya dua kebebasan, kebebasan dari api neraka dan Allah akan mencabut dari dirinya sifat sifat kemunafikan “. (Hadist)
  3. Shalat tahajud 40 malam berturut turut tanpa terselang semalam berturut turut tanpa berselangsemalampun juga memiliki keutamaan luar biasa, doanya mustajab dan kebutuhannya akan dimudahkan oleh Allah swt. (Hadist)
  4. Siapa yang meninggal dan dishalatkan oleh 40 orang niscaya doa orang orang yang menyalatkanitu akan terkabul. (Hadist)
  5. Siapa yang menjaga shalat jamaah selama 40 kali, baginya adalah syurga ” . (Hadist)
  6. Dalam Arbain Nawawi oleh Imam Nawawi Albantani. Manusia dalam proses dikumpulkankejadiannya dalam perut ibunya berupa sperma selama empat puluh hari, kemudian menjadisegumpal darah juga selama empat puluh hari, kemudian mejadi segumpal daging juga selama itupula
  7. Membiasakan diri menekuni suatu ibadah selama 40 hari atau 40 kali sangat disenangi, sehinggaangka 40 itu adalah angka kenabian .Riyadhah ini akan melahirkan pengalaman ritual dalampengamalan tersebut.
  8. Membiasakan diri menekuni suatu ibadah selama 40 hari atau 40 kali sangat disenangi, sehinggaangka 40 itu adalah angka kenabian .Riyadhah ini akan melahirkan pengalaman ritual dalampengamalan tersebut.



  9. 9  Usia empat puluh tahun adalah usia kemapanan dan kestabilan seseorang dimana ia menemukan jati dirinya atau bentuknya didalam menjalani proses kehidupannya

    10. ‘Sesungguhnya seseorang dari kalian dikumpulkan ciptaannya dalam perut ibunya selamaempat puluh hari berupa nutfah, lalu menjadi ‘alaqah selama empat puluh hari pula, lantas menjadimudghah pada waktu yang sama pula. Kemudian Allah mengirimkan malaikat untuk meniup ruhkepadanya, dan ia diperintahkan untuk menulis empat perkataan/ketetapan, yaitu rezekinya, ajalnya,amalnya, dan kesengsaraan atau kebahagiannya. Dan demikian Allah, Dzat yang tiada Tuhan kecualiDia, sesungguhnya seorang diantara kalian ada yang beramal dengan amalan penghuni syurga sehingga jarak antara dia dengan syurga tidak lebih dari sehasta. Lalu kitab surat takdir mendahuluinya, sehingga orang tersebut beramal dengan amalan penghuni neraka hingga jarak antara dia dan neraka tidak lebih dari sehasta. Lalu suratan takdir mendahuluinya, sehingga orang tersebut beramal dengan amalan ahli syurga maka ia pun masuk syurga. ” (Hadist)

    11. “Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunyatelah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masamengandung sampai menyapihnya selama tigapuluh bulan, sehingga apabila ia (anak itu) telahdewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, ia berdo’a, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjukagar aku dapat mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Kau ridhoi, dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir kepada anak-cucuku. Sesungguhnya, aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim.” ( surat Al-Ahqaf ayat 15 )

    12 Ibnu ‘Abbas berkata, “Barangsiapa yang telah mencapai umur 40 tahun, sedangkan perbuatanbaiknya belum dapat mengalahkan perbuatan jahatnya, maka hendaknya ia bersiap-siap untukmemasuki neraka ”.

    13. Sejarah mencatat bahwa terdapat 3 orang sahabat Nabi yang tertinggal pada perang Tabuk.Ketiga orang tersebut adalah Mararah bin Arrabi ’ Al ‘amri dan Hilal bin Umayyah, serta Ka’ab bin Malik.Ketiganya “tertinggal” perang Tabuk karena terserang penyakit “malas”. Peristiwa tersebutmengakibatkan mereka dihukum oleh Rasulullah dan para sahabat dengan cara diasingkan dari pergaulan, diboikot, di ”diamkan” oleh seantero negeri Arab. Tragedi pengasingan terjadi selama 40 hari, dilanjutkan oleh tambahan 10 hari hukuman berupa pelarangan “menyentuh” istri-istri mereka. Namun akhirnya Allah SWT mengampuni kekhilafan mereka, dan mengabadikan kisah mereka dalam Al-Qur ’an surat At-Taubah ayat 95-96 dan 117-119.

    14. Hal yang dapat menggerogoti keimanan terkait dengan angka 40 seperti yang diungkapkan olehhadits shoheh yang kurang lebih bercerita tentang bahaya mempercayai kesaksian dukun. Karena barangsiapa yang mempercayai kesaksian dukun maka ancaman Allah Ta ’ala, selama 40 hariamalannya akan tertolak (tidak di terima di sisi Allah).

    15. Seorang pengobatan alternative pernah mengatakan ;’’ketika manusia meninggaldunia, maka hari ke-7, perutnya akan membusuk, pada hari ke-empat puluh (40),kemaluanya akan hancur, dan pada hari ke-100, tulangnya akan terlepada dari daginganya. Dia mengatkan, karena itulah sebagian orang islam Jawa (nusantara) memberikan do’a khusus pada jenazah.

    16. Banyak yang mengatakan bahwa puber kedua terjadi di usia 40 tahun. Wah, kalau ini fakta ataumitos? Atau jangan-jangan penyakit? xixixi

    17. Orang-orang tua srg melarang mencukur rambut bayi (maksudnya mencukur habis, bukansebagian seperti saat aqiqah) sebelum usianya 40 hari. Mungkin alasannya karena sebelum usia 40hari kulit kepala bayi itu masih sangat lembut kali, ya?

    18. masa nifas seorang perempuan adalah 40 hari, meski ada juga yang kurang dan lebih dari jumlahhari tersebut. Namun rata-rata memang 40 hari, kan?

    19. Konon batas beresiko usia seorang perempuan untuk melahirkan adalah 40 tahun. Tapi kita tentutidak lupa bahwa Ummul Mukminin Khadijah menikah dengan Rasulullah justru di usia 40 tahundan beliau melahirkan anak-anaknya di usia kepala empat tersebut.

    20 Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai 40 tahun, ia berdoa, “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dansupaya aku dapat berbuat amal yang shaleh yang engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan(memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dansesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim. ” (Q.S. al-Ahqâf: 15)


    21 Apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam tempo yang cukup untuk berpikir bagi orang-orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan? (Q.S. Fâthir: 37)Menurut Ibnu Abbas, Hasan al-Bashri, al-Kalbi, Wahab bin Munabbih, dan Masruq, yang dimaksuddengan “umur panjang dalam tempo (tenggang waktu) yang cukup untuk berpikir” dalam ayattersebut tidak lain adalah kala berusia 40 tahun.

    22 Rasul Mendapat wahyu pada usia 40 Tahun

    23. Di banyak negara ditetapkan, untuk menduduki jabatan-jabatan elit yang strategis, seperti kepalanegara, disyaratkan bakal calon harus telah berusia 40 tahun. Masyarakat sendiri tampak cenderungbaru mengakui prestasi seseorang secara mantap tatkala orang itu telah berusia 40 tahun. Soekarnomenjadi presiden pada usia 44 tahun. Soeharto menjadi presiden pada umur 46 tahun. J.F. Kennedy44 tahun. Bill Clinton 46 tahun. Paul Keating 47 tahun. Sementara Tony Blair 44 tahun.

    24. Dari kacamata psikologi, usia 40 tahun sering disebut masa dewasa madya. Orang-orang yangberada di usia ini lebih popular disebut setengah baya, dari sudut posisi usia dan terjadinyaperubahan fisik maupun psikologis, memiliki banyak kesamaan dengan masa remaja. Bila masa remajamerupakan masa peralihan, dalam arti bukan lagi masa kanak-kanak namun belum bisa disebutdewasa, maka pada setengah baya, tidak dapat lagi disebut muda, namun juga belum bisa dikatakantua.

    25. Seorang hamba muslim bila usianya mencapai empat puluh tahun, Allah akan meringankanhisabnya (perhitungan amalnya). Jika usianya mencapai enam puluh tahun, Allah akan memberikan anugerah berupa kemampuan kembali (bertaubat) kepada-Nya. Bila usianya mencapai tujuhpuluh tahun, para penduduk langit (malaikat) akan mencintainya. Jika usianya mencapai delapan puluh tahun, Allah akan menetapkan amal kebaikannya dan menghapus amal keburukannya. Dan bilausianya mencapai sembilan puluh tahun, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dandosa-dosanya yang belakangan, Allah juga akan memberikan pertolongan kepada anggotakeluarganya, serta Allah akan mencatatnya sebagai “ tawanan Allah” di bumi. (H.R. Ahmad)

    26. sahabat Abdullah bin Abbas ra. dalam suatu riwayat berkata, “Barangsiapa mencapai usia 40tahun dan amal kebajikannya tidak unggul mengalahkan amal keburukannya, maka hendaklahia bersiap-siap ke neraka. ”

    27. Imam asy-Syafi’i tatkala mencapai usia 40 tahun, beliau berjalan seraya memakai tongkat. Jika ditanya, jawab beliau, “Agar aku ingat bahwa aku adalah musafir. Demi Allah, aku melihat diriku sekarang ini seperti seekor burung yang dipenjara di dalam sangkar. Lalu burung itu lepas di udara, kecuali telapak kakinya saja yang masih tertambat dalamsangkar. Komitmenku sekarang seperti itu juga. Aku tidak memiliki sisa-sisa syahwat untuk menetaptinggal di dunia. Aku tidak berkenan sahabat-sahabatku memberiku sedikit pun sedekah daridunia. Aku juga tidak berkenan mereka mengingatkanku sedikit pun tentang hiruk pikukdunia, kecuali hal yang menurut syara ’ lazim bagiku. Di antara aku dan dia ada Allah.”

    28. Syeikh Abdul Wahhab asy-Sya’rani dalam kitab “al-Bahr al-Maurûd” menyatakan, “Kita memilikiketerikatan janji manakala umur kita telah mencapai 40 tahun, bahwa kita harus melipat alas tidur kecuali bila terkuasai (yakni, kantuk berat datang dan tak bisa dihindari), kita tidak boleh alpa dari keberadaan kita sebagai para musafir ke negeri akhirat di setiap detak nafas, sehingga kita tidak merasa memiliki kenyamanan sedikit pun di dunia. Kita harus melihat sedetik nafas dari umur kita setelah usia 40 tahun sebanding dengan 100 tahun dari umur sebelumnya. Begitulah. Pasca usia 40 tahun, tidak ada rehat bagi kita, tidak lagi berebutan atas suatu jabatan (kursi), tidak juga merasa senang dengan sedikit pun dari dunia. Semua itu karena sempitnya usia pasca 40 tahun. Tidaklah pantas orang yang berada di ujung kematian berlaku lalai, lupa, santai,dan bermain-main. ”

    29. Menurut ilmu numenorologi, angka 40 melambangkan kematian diri seseorang dankelahiran kembali secara spiritual. Menurut tulisan kabbalistik dalam kitab Zohar untuk sampai padaakhir sebuah lingkaran transformasi dibutuhkan 40 hari mulai dari penentuan tujuan, persiapan hinggapengujian tujuan.”

    30. Dogma Kristen melalui kitab Injil menyebutkan angka 40 selama 120 kali, diantaranya; ketika orang-orang israel dibebaskan dari perbudakan di Mesir, mereka terlunta-lunta di padang pasir selama 40 hari sampai mendapatkan pencerahan. Musa berusia 40 tahun saat Tuhan memanggilnya; Musa mendaki puncak bukit sinai dan menghabisakan waktu di bukit itu selama 40 hari 40 malam. Ia menerima bagian pertama sepuluh perintah Tuhan. Pada saat orang-orang disekitarnya membuat sesembahan palsu, Musa kembali ke bukit Sina dan tinggal selama 40 hari 40 malam yang kedua kalinya.Kemudian ia menerima wahyu bagain kedua dari sepuluh firman Tuhan sebagaimana yang dikenal sekarang; Yesus menghabiskan waktu 40 hari 40 malam untuk menyepi, berdoa dan berpuasa di dalam hutan belantara Judean dalam rangka mempersiapkan diri melaksanakan perintah Tuhan. (wallahu a'lam)

    31. Dharma Budha, Sang Guru Agung Budha Gatama melakukan meditasi selama 40 hari dibawah pohon Bodhi, selama waktu itu godaan dan bahaya dunia mengancam dirinya. Namun padahari ke 40 ia memperoleh pencerahan. (wallahu a'lam)

    32. Jalan Yoga jenis Kundalini program fisik dan spiritual untuk perubahan ke arah kebajikan. Katanyamemerlukan waktu 40 hari untuk me

     

No comments:

Post a Comment